Cara Mengobati Luka Memar

Cara Mengobati Luka Memar

Memar atau lebam yaitu kondisi yang lazim terjadi, terpenting pada buah hati-buah hati. Umumnya luka memar timbul dampak benturan dengan benda keras, sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil (kapiler). Tak cuma tampak perubahan warna pada kulit, memar juga menyebabkan nyeri. Kenali cara mengobati luka memar yang bisa Anda lakukan di rumah.

 

Selain terbentur benda keras, memar juga bisa disebabkan oleh kegiatan lahiriah atau olahraga yang berat, terjatuh, atau keseleo. Umumnya, memar ringan dampak terbentur benda keras bisa sirna dalam waktu dua sampai tiga minggu. Tapi pada beberapa kasus, memar memerlukan waktu lebih lama untuk sembuh. Padahal luka memar atau lebam akan sirna dengan sendirinya, namun Anda bisa mempercepat pengerjaan penyembuhan luka memar dengan mengerjakan hal-hal berikut ini:

 

Kompres dengan es

Kompres bagian tubuh yang terbentur dengan es. Suhu dingin akan meredakan pengerjaan pembengkakan dan peradangan. Selain itu, es juga membantu meminimalkan jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil ke jaringan sekitar. Hindari melekatkan segera es ke kulit, disarankan untuk membungkus es dengan handuk terpenting dahulu. Lalu, kompres luka memar selama 20 sampai 30 menit.

 

Angkat bagian tubuh yang mengalami memar

Setelah luka memar terjadi, cobalah untuk memposisikan bagian tubuh yang memar lebih tinggi dari dada. Contohnya, bila memar terjadi di kaki, duduk atau tidurlah dengan menopang area memar dengan bantal. Hal ini dialamatkan untuk mengurangi aliran darah ke area yang memar sehingga meredakan pembengkakan.

 

Kompres air hangat

Setelah sekitar dua hari mengompres memar dengan es, ganti dengan kompres air hangat. Suhu panas bisa memperlancar aliran darah, sekalian mempercepat perubahan warna kulit kambali seperti semula. Pakai kain yang sudah direndam air hangat. Lalu, kompres bagian tubuh yang mengalami luka memar selama 10 menit. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari secara rutin.

 

Heparin sodium

Selain cara-cara hal yang demikian, Anda juga bisa mempercepat pengerjaan penyembuhan lebam atau memar dengan memakai obat oles dalam bentuk salep maupun gel yang mengandung heparin. Heparin berprofesi dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit dampak memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan sirkulasi darah untuk mempercepat penyembuhan.Efek samping penerapan obat ini biasanya minimal dan jarang terjadi, namun kadang kala bisa menimbulkan alergi. Perlu diingat, heparin gel tak disarankan untuk diterapkan pada luka terbuka dan pada buah hati berusia di bawah 5 tahun. Jangan sepelekan luka dalam, pastikan untuk menyiapkan heparin gel pada kotak P3K Anda dan pilihlah yang sudah bersertifikasi BPOM. Perlu Anda kenal pula, kini sudah tersedia produk mengandung heparin yang halal.

 

Pada biasanya, luka memar akan sirna dengan sendirinya. Tapi bila Anda merasa tak nyaman dengan kondisi hal yang demikian, Anda bisa mengerjakan cara-cara di atas untuk mempercepat pengerjaan pemulihan dan pengobatan luka memar. Seandainya kondisi luka memar tak sirna dalam beberapa minggu, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang pas.