Perkembangan Janin pada Trimester Kedua

Trimester Kedua

Setelah terjadi pembuahan di dalam rahim, bayi dalam kandungan akan terus berkembang dari bulan ke bulan. Perkembangan bayi dalam kandungan setiap-setiap bulan berbeda-beda, bagus dari segi ukuran, organ tubuh yang terwujud, serta kemampuan fisiknya. Memahami perkembangan bayi dalam kandungan diinginkan dapat membantu memastikan kondisi kesehatannya.

 

Pada empat minggu pertama kehamilan, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. Satu-satunya petunjuk kehamilan yang mungkin Anda rasakan yaitu telat datang bulan. Padahal gejala pada awal kehamilan jarang dirasakan, bayi dalam kandungan di dalam kandungan telah mulai berkembang semenjak terjadinya pembuahan. Menjelang kehamilan trimester kedua, Anda telah mulai dapat mendengar detak jantung bayi dalam kandungan dikala pemeriksaan kehamilan. Kelamin bayi dalam kandungan kian berkembang dan Anda mulai dapat merasakan gerakannya.

 

Bulan keempat

Pada masa ini, bayi dalam kandungan laki-laki telah mempunyai prostat dan bayi dalam kandungan perempuan telah mulai menampilkan folikel pada ovarium. Tulang bayi dalam kandungan makin berkembang. Di bagian kepala telah nampak pola rambut. Sementara itu, pada bagian wajah, mata telah menghadap ke depan dan mulai dapat bergerak. Posisi telinga juga telah layak tempatnya. Mulut bayi dalam kandungan malahan mulai dapat mengisap. Panjang bayi dalam kandungan di umur 14 minggu menempuh 85 mm, dengan berat kaprah-kaprah 40 g.

 

Bulan kelima

Segala kulit bayi dalam kandungan tertutup lapisan putih sebagai pelindung dari cairan ketuban. Lapisan putih ini akan terlepas dengan sendirinya sesaat dikala bayi dalam kandungan akan lahir. Otot bayi dalam kandungan telah berkembang di bulan kelima, dan bayi dalam kandungan mulai dapat bergerak untuk melatih otot. Pada bagian kepala telah tumbuh rambut. Punggung dan bahu bayi dalam kandungan juga ditumbuhi rambut halus, yang akan sirna memasuki minggu kedua sesudah bayi lahir. Panjang bayi dalam kandungan di akhir bulan ini yaitu 160 mm.

 

Bulan keenam

Kelopak mata bayi dalam kandungan telah terang dan mata telah dapat terbuka. Pembuluh vena nampak melalui kulit bayi dalam kandungan, karena kulit telah timbul dengan tekstur tipis dan  berkeriput, dengan warna kemerahan. Denyut nadi bayi dalam kandungan dapat meningkat, sebagai petunjuk bahwa bayi dalam kandungan merespon rangsang, terlebih sekiranya mendengar bunyi dari luar. Jari tangan dan kaki bayi dalam kandungan malahan telah nampak terang. Pada bulan ini, panjang bayi dalam kandungan lazimnya sekitar 190 mm, dengan berat 460 g.

 

 

Selama memantau perkembangan bayi dalam kandungan dari bulan ke bulan, Anda malahan harus tetap menjaga kesehatan. Anda dapat berkonsultasi ke dokter untuk memantau hal-hal yang terkait dengan gangguan kehamilan, serta merencanakan bagaimana proses persalinan yang nanti akan dijalani.