Perkembangan Janin pada Trimester Ketiga

Trimester Ketiga

Setelah terjadi pembuahan di dalam rahim, bayi dalam kandungan akan terus berkembang dari bulan ke bulan. Perkembangan bayi dalam kandungan tiap-tiap bulan berbeda-beda, bagus dari segi ukuran, organ tubuh yang terwujud, serta kemampuan fisiknya. Memahami perkembangan bayi dalam kandungan diharapkan bisa membantu memastikan kondisi kesehatannya.

 

Pada empat pekan pertama kehamilan, Anda mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. Satu-satunya pertanda kehamilan yang mungkin Anda rasakan adalah terlambat datang bulan. Padahal gejala pada awal kehamilan jarang dirasakan, bayi dalam kandungan di dalam kandungan telah mulai berkembang sejak terjadinya pembuahan. Saat memasuki kehamilan trimester ketiga, Anda lazimnya tidak sabar berharap seketika memandang wajah bayi Anda. Inilah perkembangan bayi dalam kandungan dikala memasuki trimester terakhir.

 

Bulan ketujuh

Bayi telah bisa menanggapi sinar, merasakan sakit, mendengar suara, dan mengubah posisi posisi tubuh. Pendengaran bayi dalam kandungan mulai berkembang dan tubuh mulai menyimpan lemak. Di bulan ketujuh, panjang bayi dalam kandungan menempuh 36 cm, dengan berat 900-1.800 g.

 

Bulan kedelapan

Di bulan ke delapan, komponen dalam bayi dalam kandungan telah berkembang lebih bagus. Bagian yang telah terwujud namun belum total, adalah paru-paru. Bagian otak berkembang lebih pesat dibandingi bulan sebelumnya. Cadangan lemak tubuh akan meningkat seiring dengan makin tuanya umur bayi dalam kandungan. Bayi bergerak lebih aktif ditandai dengan gerakan menendang yang lebih pesat. Pada dikala ini, panjang bayi dalam kandungan adalah 46 cm, dengan berat 2,27 kilogram (kg).

 

Bulan kesembilan

Tubuh bayi dalam kandungan pada dikala ini, bagus komponen luar maupun dalamnya, telah lebih total. Mata dan alat pendengar bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bayi pun lebih peka kepada stimulus berupa sentuhan dan sinar. Bagian paru-paru telah hampir berkembang dengan total. Panjang bayi dalam kandungan telah menempuh 46-51 cm, dengan berat kira-kira 2,5-3,2 kg. Bayi pun bersiap dilahirkan dengan posisi berpindah, adalah kepala menghadap jalan lahir dan tubuh menempati komponen bawah panggul ibu.

 

Selama memantau perkembangan bayi dalam kandungan dari bulan ke bulan, Anda pun semestinya konsisten menjaga kesehatan. Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk memantau hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kehamilan, serta merencanakan bagaimana sistem kerja persalinan yang nanti akan dijalani.