Kekuatan Diri Dalam Pasar MEA

MEA

Lingkungan bisnis yang paling penting untuk dipahami itu adalah lingkungan global yang formatnya adalah pasar bebas ASEAN. Terjadinya perpindahan orang, barang, jasa, investasi dan malahan juga modal diantara 10 negara ASEAN dan terang, target utamanya adalah Indonesia karena memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa sementara total jumlah penduduk Negara-negara ASEAN adalah 600 juta jiwa.

 

Tentu, perlu disadari bahwa potensi pasar itu ada di Indonesia. Ini wajib menjadi target pertama dulu dalam berbisnis sebelum memenuhi pasar luar negeri. Pasar yang demikian itu luas jangan sampai diambil oleh entrepreneur dari negera lain. Naif sekali bila entrepreneur tidak memanfaatkan potensi yang ada. Setelah itu, tetap entrepreneur wajib memberi pengarahan market mereka ke luar negeri. Pasar itu wajib di ekspansi agar menambah jumlah potential market yang ada di Sembilan Negara lainnya. Sebagaiseorang entrepreneur, wajib terus melihat peluang yang ada di pasar sehingga akan bisa meningkatkan skala bisnis mereka.

 

Apa yang wajib dijalankan? Memahami need, want dan demand setiap penduduk di Negara-negara hal yang demikian. Demikian ini penting karena terang, itulah yang wajib dipenuhi oleh setiap entrepreneur dengan produk dan layanan yang mereka tawarkan kepada setiap konsumen. Lihat saja setiap akhir minggu demikian itu banyaknya masyarakat dari Malaysia ke Bandunguntuk membeli berjenis-ragam ragam pakaian untuk dijual di Negara mereka. Jelas, need, want dan demand mereka kepada pakaian cukup tinggi sehingga menjadi peluang untuk setiap entrepreneur dalam menawarkan produk dan layanan yang pas. Kedua, pahami keadaan ekonomi, social adat istiadat mereka.

 

Demikian ini penting untuk mengevaluasi bagaimana kemampuan beli mereka disana. Adapun lingkungan social berkaitan dengan bagaimana interaksi antara masyarakat sehingga bisa dikenal bagaimana kebutuhan masyarakat disana. Adapun lingkungan adat istiadat, berkaitan dengan belief, values, bahasa, komunikasi dan habit mereka. So, inilah yang wajib menjadi perhatian entrepreneur dalam berbisnis.

Related posts