Mengukur Intensitas Olahraga secara Manual

Intensitas Olahraga

Detak jantung bisa menjadi indikator bahwa seseorang menjalankan aktivitas lahiriah terlalu berat. Detak jantung normal saat berolahraga perlu dikenali, agar tidak berlebihan dalam menjalankan aktivitas.

 

Sesuatu yang berlebihan tentu tidaklah baik, semacam itu pula dengan olahraga. Sekalipun olahraga berguna bagi kesehatan, jika dilakukan secara berlebihan maka Anda bisa menikmati nyeri saat menjalankan gerakan, risiko mengalami cedera, napas menjadi pendek dan detak jantung melalui batas normal.

 

Setelah Anda tahu bahwa detak jantung ialah indikator, Anda mungkin ingin lebih berhati-hati dalam menjalankan olahraga. Seandainya Anda berolahraga di sentra kebugaran atau gym, mungkin Anda akan lebih gampang mengenal detak jantung melalui monitor yang tersedia.

 

Melainkan, jika Anda menjalankan olahraga di luar ruangan, mungkin akan lebih susah untuk mengenal dengan jelas berapa detak jantung pada saat itu. Anda bisa menjalankan beberapa cara untuk mengindikasikan apakah intensitas olahraga Anda berada di tingkat sedang atau telah terlalu berat.

 

Caranya ialah dengan memerhatikan tanda-tanda pada tubuh Anda. Seandainya masih dalam batas sedang, Anda akan menikmati napas mulai kencang, tapi tidak kehabisan napas. Kemudian Anda akan berkeringat sesudah 10 menit berolahraga. Anda tidak bisa berdendang, tapi tetap bisa berdialog.

 

Seandainya intensitas olahraga Anda telah menempuh jenjang berat, pertama, Anda akan merasa napas kencang dan dalam. Kedua ialah Anda merasa perlu beristirahat sejenak, sebelum berdialog atau Anda merasa susah berdialog. Ketiga, ialah saat Anda telah mulai merasa banyaknya keringat yang keluar dari tubuh sedangkan baru beberapa menit menjalankan aktivitas.

 

Sudah menjadi rahasia awam bahwa olahraga baik untuk kesehatan Anda. Melainkan, ingatlah untuk tidak melaksanakannya secara berlebihan. Dan jika Anda baru saja mulai menjalankan olahraga, cobalah untuk mengawali dari gerakan yang ringan agar tubuh tidak kaget.

 

Mengenali dengan baik detak jantung normal pada saat berolahraga, akan menolong Anda dalam memperkirakan porsi olahraga yang ideal bagi tubuh. Sehingga, manfaat kesehatan dalam menjalani olahraga pun bisa Anda peroleh dengan baik.

Related posts