Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia

Nissan X-Trail

Pertama kali memperhatikan sosok Nissan X-Trail 2014 ini di Indonesia, kami telah tidak begitu takjub lagi karena benar-benar terkenal di redaksi AutonetMagz. Beroda ini pertama kali diluncurkan di dunia pada Frankfurt Motorshow 2013 silam, lalu di ikuti dengan Tokyo Motor Show dan Geneva Motor Show. So, hakekatnya kami telah menunggu-nunggu kendaraan beroda empat ini semenjak lama untuk dihadirkan di Indonesia. Tetapi karena Nissan Motor Indonesia merakit All New Nissan X-Trail 2014 ini secara CKD, karenanya tidak heran jikalau kendaraan beroda empat ini diluncurkan setahun sesudah debutnya di tahun lalu karena proses persiapan manufaktur dan riset.

 

Dari eksterior, Nissan X-Trail tidak mengalami ubahan jikalau dibandingkan dengan contoh global. Kita akan menemukan contoh lampu yang sama tanpa pengurangan fitur, grille V-Shape khas Nissan dan format bumper yang memiliki sedikit lekukan tajam di komponen bawah foglamp untuk memberikan aerodinamika yang lebih baik. Untuk memberikan kesan lebih gagah, Nissan juga memberikan molding plastik dari bumper depan, samping sampai komponen belakang kendaraan beroda empat.

 

Nissan X-Trail tetap mengaplikasikan Signature Headlamps yang memiliki LED DRL dengan contoh boomerang dan sebuah proyektor di dalam lampunya, di dalam lampu proyektornya juga tersimpan lampu LED yang memberikan penerangan alami di malam hari. Pada seluruh macam telah terdapat fitur sensor auto on/off yang akan secara otomatis menyalakan lampu saat kondisi lingkungan kurang penerangan.

 

Untuk macam manual, Nissan X-Trail tidak dilengkapi dengan fitur Auto Levelling Headlight seperti macam 2.0 CVT dan 2.5 CVT. Tetapi fitur Follow Me Home dan Welcome Light telah dipersiapkan oleh Nissan sebagai fitur standar di seluruh macam. Cukup komplit dari segi teknologi penerangan dibandingkan dengan versi terdahulunya.

 

Dari samping, kendaraan beroda empat ini terlihat lebih berkarakter dengan lekukan-lekukan streamline, malahan jikalau anda terkenal dengan Nissan X-Trail generasi kedua yang melanjutkan warisan desain kotak khas X-Trail generasi pertama, karenanya anda tidak akan menemukan satu malahan ciri khas Nissan X-Trail  lama di kendaraan beroda empat ini.

 

Kita juga menemukan dialek chrome pada komponen bezel kaca samping dan pegangan pintu, pelengkap lainnya yang membuat kendaraan beroda empat ini terlihat gagah ada pada roof rail dengan desain lebih sederhana seperti kendaraan beroda empat pada biasanya (Nissan X-Trail sebelumnya dilengkapi dengan roof rail dengan desain tebal dan dilengkapi lampu di komponen ujung depan roof rail), khusus varian 2.500 cc akan dibekali dengan side body moulding. Nah pada komponen belakangnya, kita akan menemukan contoh baru yang mirip dengan Toyota Harrier generasi kedua lewat lampu belakangnya. Sebuah spoiler belakang dan chrome pada list plat nomor belakang menjadi standar di seluruh varian. Uniknya kendaraan beroda empat ini memiliki fitur Power Tailgate (pintu belakang yang terbuka secara otomatis lewat motor listrik) yang dilengkapi dengan sistem Touchless Backdoor. Teknologi ini akan menolong kita untuk membuka pintu belakang secara otomatis tanpa sentuhan jari sedikitpun, kita cuma perlu untuk melambaikan tangan ke komponen bawah garnish plat nomor dan pintu akan membuka secara otomatis jikalau mendeteksi ada gerakan tangan dan kunci di sekitar kendaraan beroda empat. Jadi tidak perlu kuatir kerepotan jikalau hendak membuka kendaraan beroda empat saat kedua tangan anda penuh dengan barang bawaan.

 

Velg yang dipakai oleh Nissan X-Trail 2014 memiliki 2 buah ukuran dan desain bertumpu dari macam. Untuk varian 2.500 cc CVT kita akan menerima Velg dengan contoh baling-baling dengan ukuran 18 inchi dan ban Dunlop Grandtrek  dengan ukuran 225/60. Walaupun untuk varian 2.000 cc kita akan menerima velg ukuran yang lebih kecil dengan 17 inchi dan ban Dunlop Grandtrek 225/65.

 

Berita pantasnya datang dari segi pengereman, All New Nissan X-Trail Indonesia telah dibekali dengan empat buah cakram di seluruh roda, teknolog Antilock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist. Walaupun fitur-fitur lain yang tidak kalah penting dalam berkendara juga tidak dilupakan seperti Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control (VDC), Active Trace Control dan Active Ride Control. Mungkin dapat dibilang paling komplit di kelasnya.

 

Ada yang menarik dari Nissan X-Trail terbaru ini, jikalau kita observasi komponen logo Nissan yang berlokasi pada Grille-nya, kita akan menemukan sebuah kamera kecil dibawah tulisan Nissan. Walaupun di komponen bawah spion kanan dan kirinya, kita juga akan menemukan sebuah lingkaran kecil di komponen bawah yang berfungsi sebagai kamera kecil. Ketiga kamera dan satu kamera mundur hal yang demikian berfungsi sebagai mata dari All Round View monitor yang akan terlihat di  monitor head unit untuk memudahkan kita saat parkir, fitur ini ialah fitur standar di seluruh varian 2.0 dan 2.5 CVT. Di kendaraan beroda empat ini kita juga akan menerima fitur pemanas kaca spion yang hakekatnya akan benar-benar bermanfaat di negara 4 musim.

 

Walaupun telah dilengkapi dengan Al Round View Monitor, Nissan juga menyediakan 4 buah sensor parkir di komponen belakang yang akan memberikan indikator gambar dan suara di seluruh line up, sehingga tidak perlu kuatir untuk varian manual jikalau tidak menerima All Round View Monitor. Sayangnya di Nissan X-Trail terbaru versi Indonesia ini kita tidak akan menerima fitur Moving Object Detection yang akan mendeteksi kendaraan yang sedang berjalan dari samping saat kita mundur dan Intelligent Park Assist yang akan menggerakan kemudi secara otomatis saat parkir.

 

Terakhir, Nissan X-Trail terbaru ini sepertinya sedikit malu-malu untuk memberikan dialek sporty di komponen belakangnya dengan menyembunyikan posisi lubang knalpot bawaan. Wajib dapat diwujudkan lebih cantik lagi seperti Mazda CX-5 yang memamerkan dua buah muffler extension untuk mendongkrak penampilan.