Berbagai Cabang Ilmu Kardiologi

Kardiologi

Kardiologi ialah cabang ilmu kedokteran yang khusus mempelajari gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Apa saja penyakit yang ditangani dan kapan Anda perlu menemui dokter spesialis kardiologi? Simak penjelasannya di bawah ini.

 

Dalam praktiknya, kardiologi ialah ilmu untuk mendiagnosis dan mengobati berjenis-jenis penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung koroner, kelainan irama jantung (aritmia), gagal jantung, penyakit katup jantung, dan cacat jantung turunan. Dokter yang khusus mendalami kardiologi disebut sebagai kardiolog, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah, atau dokter spesialis kardiologi. Kedokteran jantung dan pembuluh darah atau kardiologi meliputi beberapa cabang ilmu, ialah:

 

Elektrofisiologi

Merupakan ilmu yang mempelajari perihal listrik jantung dan kelainan yang bisa terjadi pada performa listrik jantung. Elektrofisiologi dipakai dalam diagnosis dan memutuskan pengobatan gangguan irama jantung, seperti fibrilasi atrium.

 

Kardiologi intervensional

Mendiagnosis dan mengobati permasalahan pada jantung seperti katup jantung yang melemah serta penyempitan arteri di jantung dan semua tubuh dengan memakai sayatan kecil dan kateter (tabung tipis fleksibel). Contoh tindakan medis yang tercakup cabang ilmu ini ialah pemasangan alat pacu jantung, dan angioplasti.

 

Kardiologi gagal jantung lanjut dan transplantasi

Mengobati pasien gagal jantung lanjut yang memakai alat tolong ventrikel dan yang sedang menunggu atau yang sudah mendapatkan transplantasi jantung.

 

Penyakit jantung kongenital

Mengobati pasien si kecil ataupun dewasa yang terlahir dengan cacat jantung, seperti defek septum ventrikel atau defek septum atrium (“lubang” di dinding jantung).

 

Kardiologi non invasif

Merupakan cabang ilmu kedokteran jantung dan pembuluh darah yang terkonsentrasi pada metode diagnosis yang bersifat nonbedah, serta pencegahan dan pengobatan penyakit jantung dengan obat-obatan, diet, serta perubahan gaya hidup.

 

Kardiologi nuklir

Melibatkan pencitraan nuklir berteknologi tinggi yang dipakai untuk mengambil gambar jantung setelah pasien disuntik dengan zat kontras radioaktif.