Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan

Gejala Mata Ikan

Mata ikan, kutil, dan kapalan adalah penyakit di mana kulit mengalami penebalan. Ada sebagian cara menghilangkan mata ikan, kutil, dan kapalan. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan obat oles yang mengandung zat keratolitik (penipis kulit), seperti asam salisilat.

 

Mata ikan, kutil, dan kapalan umumnya terjadi di kaki dan tangan, tetapi juga bisa muncul di bagian tubuh manapun. Kapalan umumnya tak memunculkan nyeri, meski mata ikan dan kutil bisa terasa nyeri seandainya tertekan atau mengalami friksi.

 

Baik mata ikan ataupun kapalan muncul sebagai wujud perlindungan kulit kepada friksi atau tekanan. Gesekan atau tekanan yang terjadi berulang kali menyebabkan penebalan pada kulit. Memakai sepatu yang kurang pas, kerap kali tak mengaplikasikan kaos kaki, bermain alat musik seperti gitar, atau kerap kali mengaplikasikan pekakas tangan, bisa meningkatkan risiko terbentuknya mata ikan atau kapalan. Kedua kondisi ini tak menular.

 

Sementara itu, kutil disebabkan oleh virus dari klasifikasi human papillomavirus (HPV). Virus HPV ini memicu pertumbuhan sel yang membuat lapisan luar kulit menebal dan mengeras. Kutil adalah penyakit menular yang bisa ditularkan melalui kontak kulit atau berbagi pakai barang pribadi, seperti handuk atau pisau cukur, dengan orang yang memiliki kutil. Berikut ini adalah sebagian pertanda dan gejala dari ketiga penyakit kulit tersebut:

 

Mata ikan

Ciri-ciri mata ikan adalah berukuran kecil, tebal, kering, dan memiliki sentra keras yang dikelilingi oleh kulit yang meradang. Mata ikan cenderung tumbuh di bagian kaki yang tak menyangga muatan. Seumpama bagian atas telapak kaki atau jari-jari kaki. Akan tetapi, mata ikan juga bisa tumbuh di telapak kaki pada zona sekitar lengkung kaki dan tumit. Kalau tertekan, mata ikan yang tumbuh di telapak kaki akan terasa nyeri.

 

Kutil

Kutil terdiri dari beraneka variasi variasi tergantung dari wujud dan lokasinya. Ada yang seperti daging tumbuh, menyerupai tahi lalat, atau yang bentuknya rata dengan kulit di sekitarnya.

 

Kapalan

Kapalan berukuran lebih besar dari mata ikan tetapi jarang terasa nyeri. Kapalan cenderung tumbuh di bagian kaki yang menyangga muatan, adalah di telapak kaki. Tapi, bisa juga terjadi di tangan atau lutut yang kerap kali mengalami tekanan. Kulit yang mengalami kapalan terasa lebih tebal, kasar, dan kurang sensitif.