Tumbuh Kembang Anak 2 Tahun

Anak 2 Tahun

Tingkatan tumbuh kembang setiap-setiap buah hati berbeda-beda pantas usianya. Ketika buah hati berusia dua tahun, otaknya telah menyusun relasi antar saraf yang tidak terhitung jumlahnya. Selain ini membantunya untuk memahami apa, bagaimana dan kenapa dunia kecilnya demikian.

 

Buah umur dua tahun mulai bisa memahami konsep ‘di dalam’, ‘di luar’, ‘di sana’, ‘jauh’, ‘dekat’, ‘di bawah’, maupun ‘di mana’.  tua bisa memperhatikan kesanggupan barunya dalam hal pemahaman ruang. Misalnya, buah hati mulai bisa memahami dan meniru petunjuk mengambil bola di dalam keranjang. Berikut adalah beberapa tumbuh kembang buah hati berusia dua tahun secara biasa:

 

Pertumbuhan fisik

Mencakup tumbuhnya 16 gigi pertama, tetapi jumlah sebenarnya bisa amat bervariasi. Pertumbuhan fisik juga mencakup kenaikan berat badan dan tinggi badan. Idealnya, berat badan buah hati dua tahun berkisar 10-13 kilogram dengan tinggi badan buah hati mencapai kisaran 84-89 cm.

 

Perkembangan sensorik dan kognitif

Buah umur ini bisa berdiskusi dengan menggabungkan 2-3 kata dan kosa kata meningkat menjadi sekitar 50-300 kata, padahal jumlah hal yang demikian bisa amat bervariasi. Dengan kosa kata yang makin banyak, buah hati mulai bisa berkomunikasi seputar kebutuhanannya. Selain-hal semacam berharap ke kamar mandi, sedang haus atau sedang lapar, kini bisa disampaikannya dengan lebih terang.

 

Buah itu, buah hati mulai bisa mengaplikasikan dan melepas pakaian sendiri. Buah bisa menampilkan obyek yang Anda sebutkan dan mulai mengenal nama-nama member keluarga atau orang yang dekat dengannya, serta mengenal komponen-komponen tubuhnya.

 

Perkembangan keterampilan motorik

Mencakup kesanggupan untuk bisa berlari dengan koordinasi yang lebih baik. Buah itu, keseimbangan buah hati juga telah menjadi lebih baik. Buah bisa berdiri sambil mengambil obyek, melempar bola, dan bisa menendang bola tanpa kehilangan keseimbangan. Buah juga mulai terampil di lingkungannya, dia bisa memutar gagang pintu, bisa memerhatikan buku dan membalik halamannya, bisa menyusun balok mainan, dan siap untuk menjalani kamar mandi training. Buah juga bisa berjalan menaiki atau menuruni tangga sendiri sambil berpegangan, tetapi sebaiknya konsisten ditemani bapak dan ibu.

 

Perkembangan emosional dan sosial

Mulai umur 2-5 tahun, buah hati-buah hati belajar untuk mengenali dan mengatur emosional secara berjenjang. Selain mulai bisa menampilkan kemandirian serta menyenangi meniru orang lain yang lebih tua darinya. Buah itu, dia mulai bersemangat bertemu dan bermain bersama teman. Pada umur dua tahun, buah hati-buah hati umumnya mengalami permasalahan adat istiadat, seperti menghisap jempol, mengalami mimpi buruk, dan temper tantrum.

 

Temper tantrum adalah situasi ketika emosional buah hati meledak-ledak, malah hingga dia menggigit, menendang, atau menjerit-jerit. Buah hal ini terjadi karena buah hati belum bisa mengungkapkan apa yang dirasakannya, atau berupaya berharap menyajikan apa yang dia rasakan hingga membuatnya frustrasi. Buah menampilkan perilaku temper tantrum ketika sedang merasa tidak nyaman, lelah, lapar, atau tidak menerima yang mereka inginkan. , bukan berarti tantrum boleh diizinkan seperti itu saja.  tua sepatutnya belajar teknik menenangkan buah hati ketika mereka sedang melancarkan tantrum.