Penyebab Kram Perut Saat Hamil

Kram Perut Saat Hamil

Beberapa ibu hamil pernah mengalami kram perut. Kram perut ketika hamil hakekatnya tergolong normal. Akan melainkan, kram perut ketika hamil kalau ditiru gejala-gejala lain, semestinya diwaspadai karena bisa membahayakan kandungan.

 

Seiring dengan perkembangan bayi dalam kandungan dan rahim yang membesar, terjadi beragam-tipe perubahan pada tubuh ibu hamil, salah satunya adalah kram perut. Banyak ibu yang kuatir kram perut ketika hamil mengindikasikan keadaan membahayakan seperti keguguran, meski kram perut ketika hamil ini wajar terjadi. Beberapa penyebab biasa kram perut ketika hamil, antara lain:

 

Perubahan ukuran rahim

Ketika hamil, perkembangan bayi dalam kandungan di dalam kandungan akan membikin ukuran rahim semakin membesar seiring bertambahnya umur kehamilan. Untuk mendukung perkembangan rahim, jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang panggul dan rahim akan meregang sehingga rahim terasa pesat.

 

Tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah

Ibu hamil secara otomatis merasakan peningkatan tekanan pada otot, sendi, dan pembuluh darah.  ini acap kali memicu rasa nyeri terpenting ketika sedang batuk atau berkesibukan fisik.

 

Posisi rahim

Kram pada salah satu atau dua sisi perut biasanya dinikmati terpenting ketika bergerak. Ketika bayi dalam kandungan tumbuh, rahim akan cenderung miring ke kanan atau ke kiri. Ligamen yang mendukung sisi rahim ini bisa menjadi pesat atau mengalami kontraksi.  ini memungkinkan Anda merasakan kram lebih acap kali di perut ketika hamil.

 

Gas yang berlebihan di dalam perut

Meningkatnya hormon progesteron menyebabkan otot dinding saluran pencernaan lebih rileks dan lebih lambat mencerna makanan. Ketika makanan lebih lama berada di usus besar, makin banyak gas yang diproduksi. Kadang gas hal yang demikian tak cuma terasa di perut, melainkan juga bisa menjalar di bagian punggung dan dada.

 

Sesudah berkaitan seks

Terkait seks dan orgasme bisa menyebabkan kram perut ketika hamil, yang acap kali ditiru dengan sakit pinggang ringan.  ini terjadi karena Miss V dan rahim mengalami sensasi seperti berdenyut ketika orgasme dan bisa meninggalkan rasa kram perut setelahnya.