Fungsi dari Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dikelompokkan sebagai salah satu ilmu di dalam bidang manajemen yang berhubungan dengan aktivitas perencanaan, pemeriksaan, pembatasan, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dijalankan individu, organisasi, maupun perusahaan.

 

Kalau sebelumnya manajemen keuangan cuma berkutat pada penggunaan serta pengalokasian dana secara efisien, seiring dengan berjalannya waktu, manajemen keuangan juga mencakup aktivitas-aktivitas lainnya, seperti sistem menerima dana, penggunaan dana, dan pengelolaan aset (aktiva).

 

Di bawah ini dijelaskan lebih lanjut mengenai pentingnya manajemen keuangan yang dapat dipandang dari definisi, fungsi, hingga tujuan dari manajemen keuangan. Dalam perusahaan atau organisasi, manajemen keuangan memiliki sejumlah fungsi, merupakan:

 

  • Manajemen keuangan dapat diterapkan untuk membentuk rencana pemasukan dan pengeluaran serta aktivitas-aktivitas lainnya yang berhubungan dalam suatu jangka waktu tertentu.
  • Membuat penganggaran dana secara terperinci, baik pada bagian pemasukan maupun pengeluaran.
  • Manajemen keuangan juga berfungsi sebagai pengelolaan keuangan. Dengan semacam itu, penggunaan dana dapat berjalan maksimal dengan pelbagai-tipe sistem yang ada.
  • Penyimpanan keuangan, merupakan dengan mengumpulkan dana-dana perusahaan dan menaruhnya secara aman.
  • Dengan adanya manajemen keuangan, perusahaan dapat mencari dan mengeksploitasi sumber-sumber dana yang ada untuk aktivitas operasional perusahaan.
  • Pembatasan keuangan dengan sistem melakukan evaluasi dan koreksi atas situasi keuangan perusahaan dan sistem keuangan yang ada di dalam perusahaan tersebut.
  • Sebagai pemeriksaan keuangan, dengan melakukan audit secara internal mengenai keuangan perusahaan. Dengan semacam itu, tak ada penyimpangan dan penyalahgunaan dana di dalam perusahaan.
  • Manajemen keuangan juga berfungsi untuk menyediakan informasi mengenai situasi keuangan perusahaan. Manajemen keuangan dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi dan koreksi.