Setelah Pemeriksaan Penyakit Infeksi

Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi adalah situasi yang timbul imbas serangan mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur dan parasit. Diagnosis yang ideal dapat memberikan isu tentang macam dan penyebab infeksi, sehingga pengobatan yang diberikan dapat berjalan efektif.

 

Beraneka mikroorganisme dapat hidup di tubuh manusia, dan lazimnya tidak membahayakan, atau malah sesekali dapat memberikan manfaat. Melainkan pada situasi tertentu, mikroorganisme hal yang demikian dapat mengganggu fungsi tubuh dengan menimbulkan penyakit tertentu.

 

Tidak hanya ditimbulkan oleh mikroorganisme yang menetap di tubuh manusia, suatu penyakit infeksi juga dapat timbul imbas ditularkan oleh penderita penyakit hal yang demikian. Penularan ini dapat terjadi lewat kontak langsung atau lewat media perantara, seperti makanan yang tercemar, udara, air, atau darah. Selain itu, penyakit infeksi juga dapat ditularkan dari binatang atau serangga.

 

Hasil pemeriksaan penyakit infeksi akan keluar dalam waktu beberapa hari atau minggu, dan akan diberikan dokter kepada pasien pada ketika konsultasi. Dokter akan membeberkan mengenai macam penyakit infeksi yang sedang diderita oleh pasien, dan obat yang mesti digunakan. Misalnya:

 

  • Antibiotik. Antibiotik akan diberikan dokter kepada pasien kalau pasien menderita penyakit infeksi bakteri. Dokter akan memberikan petunjuk penggunaan antibiotik kepada pasien secara detil.
  • Antiviral. Antiviral akan diberikan dokter kepada pasien kalau menderita infeksi virus, seumpama Herpes, HIV/AIDS, atau hepatitis.
  • Antijamur. Antijamur akan diberikan dokter kalau pasien menderita infeksi jamur, baik pada organ luar ataupun organ dalam. Untuk infeksi jamur yang lebih serius, lazimnya mesti diobati dengan antjamur dalam bentukl suntikan.
  • Antiparasit. Antiparasit akan diberikan dokter kepada pasien kalau menderita penyakit infeksi parasit, seumpama penyakit malaria.

 

Selain dengan obat-obatan hal yang demikian, pasien dapat menjalankan sejumlah hal untuk menolong meredakan gejala penyakit infeksi. Seandainya mengalami demam atau menggigil, pasien sebaiknya menambah jumlah air yang diminum dalam sehari serta beristirahat lebih banyak. Pasien juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin agar dapat menolong pengerjaan penyembuhan. Dokter akan memberi tahu makanan apa saja yang sebaiknya diperbanyak jumlahnya, serta yang mesti dihindari agar situasi tidak bertambah parah.