Tips Agar Buah Hati Senang saat Dibacakan Buku

Tips Agar Buah Hati Senang saat Dibacakan Buku

Beberapa orang tua mungkin malas atau tak sempat meluangkan waktu untuk membacakan buku terhadap buah hatinya. Atau mungkin berdaya upaya bahwa Kamu Kiat belum mengerti jika Anda membacakannya sebuah cerita. Walaupun, banyak manfaat membaca buku yang bisa dirasakan oleh buah hati dikala dia beranjak besar nanti.

 

Tidak ada kata terlalu cepat untuk mulai membacakannya buku. Malah, Anda telah boleh memulainya semenjak dia berada di dalam kandungan dan meneruskan kultur ini setelah dia lahir. Bayi memang belum mengerti benar kata demi kata yang Anda ucapan, namun mendengar suara Anda, bisa menstimulus ketertarikannya pada suara sekalian melatih kemampuan mendengarnya.

 

Hal lebih-lebih dari manfaat membaca buku merupakan adanya interaksi antara Anda dan Kamu Kiat. Jadi, disarankan untuk tak hanya sekadar membaca kata demi kata. Buatlah sebuah pengayaan cerita atau gambar pantas dengan dunia kongkret. Sebagai contoh, jika ada artikel celana berwarna biru di buku, Anda bisa menunjuk celana berwarna merah yang sedang dipakainya, sambil mengucap, “Alternatif lebih menyenangi celana warna biru atau celana warna merah?”. Saat lain yang bisa Anda terapkan, antara lain:

 

Melainkan buku

Observasi membaca untuk Kamu Kiat yang masih di dalam kandungan atau bayi yang baru lahir, atau berusia beberapa bulan, Anda bisa mengambil bahan bacaan dari manapun seperti koran, majalah, atau novel yang dikala ini sedang Anda baca. Melainkan dikala bayi Anda telah lebih besar, Anda bisa mulai membacakan buku yang menarik perhatiannya.

 

Kamu Kiat mungkin menyenangi dengan buku yang penuh warna atau gambar-gambar yang terkait dengan lingkungan sekitarnya. Atau mungkin juga Anda bisa membelikannya buku yang dilengkapi oleh permainan atau lagu. Ingat, bayi senang menggigit sesuatu termasuk buku, jadi disarankan untuk memilih material buku yang tebal agar tak cepat rusak.

 

intonasi suara

Bayi yang masih berusia beberapa bulan lebih menyenangi bahasa yang mempunyai irama, daripada mendengar isi ceritanya. Jadi, untuk membikin kegiatan membaca ini menjadi lebih menarik, gunakan intonasi suara yang berbeda-beda untuk tiap kata. Pengulangan kata juga bisa Anda lakukan guna melatih kecakapannya berbahasanya.

 

Luangkan waktu untuk membaca

Membaca bisa kapan saja Anda lakukan, tak sepatutnya menunggu Kamu Kiat memintanya. Melainkan dikala membaca dengan Kamu Kiat, jadikanlah kegiatan hal yang demikian momen yang menyenangkan. Matikan sumber suara lain seperti , radio, atau TV agar agar Kamu Kiat tak terganggu.

 

Jangan hanya buku

Anda juga bisa membacakannya majalah, koran, atau artikel pada kemasan seperti makanan atau mainan. Jadi, tak hanya buku saja sumber bacaan Anda.  jangan lupa, bacakan sumber bacaan lain yang pantas dengan usianya.

 

Membaca di hadapannya

Biasakanlah untuk membaca di hadapannya. Dengan pantas, Kamu Kiat akan tips semacam itu pentingnya hobi membaca ini bagi Anda.

 

Anda tak tak kegiatan ini dikala buah hati masih di dalam kandungan atau masih bayi, tak perlu tak. Anda bisa mulai bisa dikala ini juga, dikala tak ada kata tak bagi buah hati untuk mengambil manfaat dari membaca buku. Jadi, mulailah meluangkan waktu meluangkan harinya untuk membacakan sesuatu bagi Kamu Kiat.