Mengenal Dan Pengertian Payment Gateway

Payment Gateway

Teknologi telah mengubah gaya hidup dan model bisnis dalam satu dekade terakhir ini. Transaksi jual beli lewat kios, ruko, atau mal dirasa telah kurang praktis lagi. Malah, kecenderungan ketika ini orang ke mal hanya untuk menghabiskan weekend atau sekadar cuci mata. Sementara untuk transaksi barang, mereka telah mulai melirik layanan online.

 

Jual beli online (ecommerce) disukai sebab kemudahan yang dikasih dalam membandingi banyak produk dan alternatif produk yang sungguh-sungguh banyak. Malah, sebagian produk yang dipasarkan secara online susah dijumpai di mal atau tempat belanja lain. Perubahan pola bisnis ini telah membuka peluang bagi banyak orang untuk mengerjakan bisnis secara online.

 

Ada banyak model bisnis online yang dapat dilakukan. Mulai dari membuka kios online sendiri atau sekadar menjadi perantara (broker), reseller, hingga drophshipper. Kalau Anda menentukan untuk membuka kios online sendiri, satu hal yang wajib dipikirkan, kecuali variasi produk, ialah kemudahan dalam cara kerja pembayaran.

 

Teknologi yang ada ketika ini menawarkan metode pembayaran canggih dengan nama payment gateway. Berkeinginan mengenal lebih jauh perihal payment gateway, dapat dipandang dalam review berikut.

 

Pernah tahu perihal PayPal? Lewat PayPal, Anda dapat bertransaksi tanpa perlu repot-repot pergi ke ATM, bank, menuliskan cek, atau mengirimkan uang lewat wesel. Cukup dengan mempunyai akun dan mengisi nominal uang yang terbaca secara virtual pada akun, Anda telah dapat bertransaksi. Metode yang dipakai PayPal inilah yang dinamakan payment gateway.

 

Berdasarkan definisinya, payment gateway ialah metode transaksi online yang mengotorisasi cara kerja pembayaran, baik yang menggunakan kartu kredit, transfer bank, atau pembayaran langsung lainnya, seperti direct debit (BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks, dan e-Pay BRI) dan e-wallet (TCASH dan XL Tunai). Metode enkripsi data nomor kartu kredit maupun kartu debit yang dilakukan payment processor menjamin bahwa transaksi Anda aman dan nyaman untuk dilakukan.