Cara Mencegah Penyakit Tifus

Penyakit Tifus

Tifus ialah penyakit menular yang bisa menyerang siapa saja, bagus balita, si kecil-si kecil, remaja hingga orang dewasa. Cuma saja tifus yang terjadi pada ibu hamil (bumil) tak bisa ditangani sembarangan. Yuk kenali gejala dan metode menangani penyakit tifus yang ideal pada Bumil.

 

Tifus ialah penyakit yang terjadi karena infeksi bakteri Salmonella typhi. Penularan bisa terjadi ketika makanan atau minuman, terkontaminasi oleh kotoran (air kencing atau tinja), yang mengandung bakteri Salmonella typhi. Lebih bagus mencegah penyakit tifus semenjak permulaan, sebelum Bumil mengalaminya. Ada sebagian metode yang bisa bunda lakukan untuk mencegah penyakit tifus, ialah:

 

Rutin mencuci tangan

Salah satu metode paling sederhana yang bisa Bumil lakukan untuk mencegah penyakit tifus ialah dengan rutin mencuci tangan dengan sabun dan air hangat . Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah keluar dari kamar kecil. Direkomendasikan juga untuk selalu mencuci tangan sesudah menaiki kendaraan lazim.

Mengkonsumsi makanan matang

Untuk mencegah tifus, penting untuk menentukan makanan sudah dimasak hingga matang.  Hindari mengkonsumsi makanan mentah. Usahakan juga untuk tak membeli makanan dan minuman sembarangan.

Mencuci sayur dan buah

Bumil juga perlu menjaga kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi, karena bakteri Salmonella typhi bisa ditularkan melewati keduanya. Cuci bersih sayur dan buah dengan akurat sebelum dikonsumsi. Sebaiknya, pilih buah yang mempunyai kulit yang dikelupas ketika dikonsumsi.

Memilih air minum dengan hati-hati

Direkomendasikan memilih air mineral dalam kemasan atau air yang sudah dimasak hingga mendidih. Hindari es yang diciptakan dari air yang sulit dipastikan kebersihannya.Melakukan pola hidup sehat betul-betul penting untuk mencegah tifus ketika hamil. Sekiranya Bumil mengalami gejala-gejala tifus, sebaiknya lantas lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan yang ideal.