Cara Mengatasi Bibir Kering

Bibir Kering

Tidak cuma rambut dan kulit menawan, bibir juga menjadi salah satu elemen yang membikin wanita nampak sehat dan menawan. Bibir yang kering dan pecah-pecah kecuali mengganggu penampilan, juga dapat menjadi pertanda adanya situasi sulit kesehatan, seperti dehidrasi, iritasi bibir, dan malnutrisi. Metode mengatasi bibir kering perlu dilakukan dengan perawatan dari dalam dan luar.

 

Kulit bibir tidak memiliki pelindung kepada cahaya UV, perubahan suhu, angin, dan dampak AC. Sebab tidak seperti bagian kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki melanin, merupakan pigmen pewarna kulit sekalian pelindung kulit. Kulit bibir juga tidak memiliki kelenjar yang dapat menghasilkan pelumas natural untuk melembapkan bagian kulitnya. Karenanya, guna menjaga kesehatan bibir, Anda perlu mengenal beberapa cara mengatasi bibir kering dan apa saja yang menyebabkannya.

 

Secara natural, tiap-tiap sel memiliki kecakapan untuk beregenerasi dan mengkoreksi diri, termasuk kulit bibir yang akan mengelupas pada saatnya. Bibir yang pecah-pecah kadang kala membikin seseorang termakan untuk mengelupasnya, tetapi hindari hal ini. Mengelupas kulit bibir yang belum benar-benar mati cuma akan membikin bibir terasa perih dan terluka. Biarkan kulit bibir Anda mengganti sel kulit mati dengan sendirinya. Selain itu, lakukan cara mengatasi bibir kering berikut:

 

Minum cukup air dan mengonsumsi makanan bergizi

Sudah menjadi rahasia biasa kalau minum cukup air putih betul-betul bagus untuk kesehatan tubuh, termasuk untuk bibir. Dehidrasi dan malnutrisi dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Penuhi keperluan cairan agar hal ini tidak terjadi. Tidak tertinggal, lengkapi keperluan gizi Anda dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, serta menambah asupan buah dan sayuran.

 

Gunakan pelembap bibir

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga tidak dapat melembapkan dirinya sendiri. Oleh karenanya, penting untuk menggunakan pelembap bibir tiap-tiap harinya. Anda dapat menggunakan produk pelembap bibir yang berbahan petroleum atau beeswax yang dapat menjaga kelembapan bibir. Alternatif lainnya merupakan mengoleskan cocoa butter, minyak zaitun , atau minyak kelapa. Oleskan tiap-tiap hari dan sebelum tidur.

 

Gunakan pelindung sang surya

Bibir tidak memiliki pelindung untuk menjaganya dari cahaya sang surya. Oleskan lipstik atau pelembap bibir yang mengandung SPF, guna mencegah bibir pecah-pecah dampak paparan cahaya sang surya.

 

Jaga kelembapan udara

Udara kering merupakan salah satu penyebab bibir kering. Sekiranya udara di sekitar Anda terasa kering sehingga menyebabkan kulit dan bibir kering, Anda dapat mencoba menggunakan alat pelembap udara atau humidifier untuk menjaga kelembapan udara.

 

Metode mengatasi bibir kering dapat diawali dengan menghentikan kultur menjilati bibir, rutin menggunakan pelembap bibir, dan cukup minum air putih. Melainkan kalau bibir kering dan pecah-pecah tidak kunjung membaik setelah perawatan, berkonsultasilah dengan dokter pakar kulit.