Pengertian Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan dikategorikan sebagai salah satu ilmu di dalam bidang manajemen yang berhubungan dengan aktivitas perencanaan, pemeriksaan, pengendalian, pengelolaan, dan penyimpanan dana yang dilaksanakan individu, organisasi, maupun perusahaan.

 

Sekiranya sebelumnya manajemen keuangan cuma berkutat pada pemakaian serta pengalokasian dana secara efisien, seiring dengan berjalannya waktu, manajemen keuangan juga meliputi aktivitas-aktivitas lainnya, seperti cara mendapatkan dana, pemakaian dana, dan pengelolaan aset (aktiva).

 

Di bawah ini dibeberkan lebih lanjut mengenai pentingnya manajemen keuangan yang bisa dipandang dari definisi, fungsi, hingga tujuan dari manajemen keuangan.

 

Setiap spesialis punya definisi sendiri-sendiri mengenai manajemen keuangan. Berikut ini ialah sejumlah definisi mengenai manajemen keuangan menurut para spesialis.

 

“Manajemen keuangan berhubungan dengan perolehan, pendanaan, dan manajemen aset dengan didasari beberapa tujuan biasa.” Definisi ini dikenalkan James C. Van Horne dan John M. Wachowicz, Jr. dalam buku Fundamentals of Financial Management.

 

“Manajemen keuangan ialah keseluruhan aktivitas yang bersangkutan dengan usaha untuk mendapatkan dana dan menerapkan atau mengalokasikan dana hal yang demikian.” Bambang Riyanto menuliskan definisi hal yang demikian dalam buku Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan.

 

“Manajemen keuangan ialah pengendalian aktivitas keuangan.” Pengertian hal yang demikian dikenalkan Suad Husnan dalam buku Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

 

“Manajemen keuangan ialah bidang manajemen bisnis yang memiliki tujuan untuk diterapkan secara bijak dan seleksi yang saksama dari sumber-sumber modal untuk memungkinkan adanya unit pengeluaran untuk bisa bergerak ke luar menempuh tujuan.” J.F. Bradley mengemukakan pandangannya hal yang demikian dalam buku Administrative Financial Management.

 

Secara biasa bisa ditarik inti sari manajemen keuangan ialah aktivitas-aktivitas perusahaan maupun organisasi yang berhubungan dengan cara untuk memperoleh pendanaan modal kerja, menerapkan dana hal yang demikian dengan ideal sasaran, serta mengelola aset-aset yang dimiliki untuk menempuh tujuan perusahaan hal yang demikian.